Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Rabu, 08 Februari 2017 - 15:18:48 WIB

Fakultas Peternakan UGM – PT. Neoalgae Indonesia Makmur Selenggarakan Seminar Nasional Spirulina

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Kerjasama - Dibaca: 679 kali

Fakultas Peternakan UGM dan PT. Neoalgae Indonesia Makmur bekerja sama menyelenggarakan Seminar Nasional “Spirulina Sebagai Food And Feed Additives”, Rabu (8/2) di Auditorium Drh. R. Soepardjo Fakultas Peternakan UGM. Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA mengatakan bahwa peternakan juga memerlukan feed additive, salah satunya adalah spirulina. Spirulina adalah produk alam yang memiliki bagian komponen nabati yang dapat dikembangkan karena nutrisinya lengkap dan memiliki functionality properties.

Dekan menjelaskan lebih lanjut bahwa isu-isu aktual keamanan pangan produk hasil peternakan semakin menantang peneliti dan akademisi. Di Eropa,  sejak 10 tahun lalu pemakaian antibiotik sudah tidak diperbolehkan. Implikasi yang muncul adalah pemeliharaan ternak yang menggunakan antibiotik  apabila tidak dihilangkan secara bertahap akan berdampak pada kinerja ternak. “Hal ini merupakan dilema, di satu sisi kebutuhan akan produk ternak meningkat, di sisi lain Antibiotics as Growth Promoters (AGP) tidak boleh digunakan. Oleh karena itu, peneliti-peneliti mencari alternatif lain, salah satunya herb sebagai feed additive yang ramah lingkungan. Teknologi ini akan diadopsi apabila memenuhi beberapa syarat yaitu baik, mudah, dan murah. Semoga seminar ini memberikan pencerahan atau inspirasi arah penelitian,” jelas Dekan ketika memberikan sambutan dalam seminar tersebut.

Ketua panitia seminar, Ir. Rusman, M.P., Ph.D berharap agar kerja sama antara Fakultas Peternakan dan PT. Neoalgae berlanjut dalam kerja sama lain untuk membangun Indonesia yang makmur. “Makanan dengan additive akan lebih bergizi, berkualitas, dan awet. Oleh karena itu, feed additive kini mulai dilirik. Semoga bisa memetik hasil dari seminar ini,” jelas Rusman ketika memberikan sambutan pada seminar tersebut. (Humas Fapet/Nadia)





Rilis Berita