Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Selasa, 14 Maret 2017 - 14:42:18 WIB

Usai Dilantik, HMP Fakultas Peternakan Siapkan Program yang Sinergis

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Pascasarjana - Dibaca: 694 kali

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Fakultas Peternakan UGM menyelenggarakan serah terima jabatan dan pelantikan pengurus baru Jumat (10/3), di Aula Gedung Pascasarjana Fakultas Peternakan. Selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana, acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA, ketua Program Studi S2 Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Sigit Bintara, M.Si, serta sekretaris Program Studi S3, Andriyani Astuti, S.Pt., M.Sc., P.hD.

Dijelaskan oleh Muhsin Al-Anas selaku ketua baru HMP, program kerja yang ia rancang akan berfokus pada optimalisasi potensi sumber daya mahasiswa Pascasarjana yang berbasis keilmuan dan pemikiran yang solutif. Menurutnya, dengan daya intektualitas yang dimiliki, mahasiswa Pascasarjana dituntut untuk tidak hanya menjadi event organizer saja. “Kita harus lebih dari mahasiswa S1, yaitu mampu menyumbangkan pemikiran-pemikiran kritis dan solutif untuk pembangunan bangsa, utamanya dibidang peternakan,” tegas mahasiswa asal Wonogiri tersebut.

Dilanjutkan oleh Muhsin, untuk mengarah kesana, ia mencanangkan berbagai program, salah satunya adalah pembuatan buku dan peluncuran website. Disamping itu, ia juga menargetkan agar HMP dapat menjadi organisasi strategis untuk memperluas networking melalui berbagai kesempatan.  “Iklim keilmuan harus diperkuat, diskusi rutin akan dijalankan yang mana outputnya adalah buku yang berisi pemikiran mahasiswa Pascasarjana Fakultas Peternakan UGM untuk Indonesia,” tandas mahasiswa peraih beasiswa PMDSU (Program Mahasiswa Doktor untuk Sarjana Unggul, red.) tersebut.

Andriyani menyambut baik berbagai program yang akan dilaksanakan tersebut. Dalam sambutannya, ia berharap HMP selain menjadi wadah pengembangan diri bagi mahasiswa, juga dapat menciptakan program-program yang sejalan dengan visi-misi fakultas. Selain itu, ia juga memberikan apresiasi pada kegiatan yang telah dijalankan pada periode sebelumnya, mulai dari pelatihan-pelatihan hingga program-program keakraban yang dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar mahasiswa Pascasarjana. “Semoga antara fakultas dengan HMP dapat saling bersinergi dalam meningkatkan kualitas dan skill mahasiswa serta saling mendukung,” ujarnya.

Dekan menambahkan, kesempatan menjadi mahasiswa dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk memperluas ilmu dan jaringan. Menjadi mahasiswa pascasarjana adalah sebuah tanggungjawab untuk dua hal, yaitu mencari dan menemukan ilmu pengetahuan. Selain itu, mahasiswa Fakultas Peternakan UGM juga harus mempunyai dan sudah menetapkan target dan cita-cita hidup. “Ilmu itu bertebaran di mana-mana, tugas Saudara adalah menemukannya kemudian mengembangkan. Jangan lupa untuk fokus pada tujuan dan cita-cita saudara, maka itu tetapkanlah target Saudara sejak sekarang,” papar Ali Agus. (HMP/Agung Irawan)





Rilis Berita