Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jumat, 05 Mei 2017 - 15:22:39 WIB

Teliti Suplementasi Trehalose Bagi Ayam Broiler, Sujiyanto Raih Juara Pertama Se-Asia Pasifik

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Fakultas - Dibaca: 804 kali

Pada tahun 2100, penduduk dunia diperkirakan mencapai 11,2 miliar. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan pangan juga akan meningkat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam hal penyediaan pangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh alumni Fakultas Peternakan UGM, Sujiyanto, Kamis (4/5) di Auditorium Drh. R. Soepardjo Fakultas Peternakan dalam acara Alltech University Lecture Tour. Menurut Sujiyanto, Kebutuhan daging dunia yang terbanyak adalah daging babi (37%), daging ayam (32%), daging sapi (20%), dan ternak lain (11%). Indonesia adalah salah satu dari sepuluh penghasil daging ayam tertinggi di dunia selain Amerika, Brazil, Meksiko, Iran, Cina, dan India. Ini adalah peluang bagi Indonesia untuk menyediakan kebutuhan daging yang semakin meningkat. Namun, kondisi temperatur di Indonesia yang cukup tinggi menjadi salah satu ancaman bagi ayam broiler. Ayam broiler sangat rentan terhadap heat stress padahal temperatur di Indonesia mencapai 32,500 C hingga maksimal 350 C. Bahkan, di daerah-daerah yang mendekati garis khatulistiwa temperatur mencapai 370 C. Sementara itu, temperatur ideal bagi ayam broiler adalah 240 C.

Sujiyanto menjelaskan lebih lanjut bahwa heat stress memiliki beberapa efek negatif yaitu tingkat pertumbuhan yang rendah dan rendahnya kualitas daging. Hal ini akan berdampak pada kerugian ekonomi bagi peternak. Menurut pria yang lulus pada Februari 2017 tersebut, suplementasi trehalose dapat menjadi solusi untuk ayam broiler yang mengalami heat stress. Trehalose adalah karbohidrat atau gula yang banyak ditemukan pada serangga tetapi saat ini sudah banyak dikomersialisasikan.

Dari penelitiannya tersebut, Sujiyanto menemukan bahwa suplementasi trehalose pada ayam broiler dapat mengurangi heat stress secara signifikan. Penelitiannya yang berjudul Dietary Effect of Trehalose Supplementation On Broilers Under Chronic Heat Stress Condition berhasil mengantarkan Sujiyanto menjadi juara pertama dalam ajang Alltech Young Scientist Award di tingkat regional (Asia Pasifik).

General Manager Alltech Indonesia, Hery Santoso, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa Alltech adalah perusahaan yang berfokus di bidang nutrisi ternak dan masuk menjadi top 5 animal health company. Selain itu, Alltech juga memiliki concern terhadap food safety. “Sujiyanto adalah pemenang pertama di tingkat Asia Pasifik dan pada 16 Mei 2017 nanti ia akan berangkat ke Kentucky, Amerika Serikat, untuk bertanding di tingkat internasional. Di sana, Sujiyanto akan mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan para ahli nutrisi makanan ternak,” jelas Hery. (Humas Fapet/Nadia)                       





Rilis Berita