Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Rabu, 10 Mei 2017 - 08:49:07 WIB

Konsistensi Diperlukan Untuk Hasilkan Artikel Berkualitas

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Pendidikan dan Pengajaran - Dibaca: 764 kali

Konsistensi adalah hal terpenting yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan artikel berkualitas. Seorang peneliti juga harus mengerti tentang hal mutakhir yang sedang disoroti di dunia saat ini serta proyeksi ke depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yuny Erwanto, S.Pt., M.P., Ph.D. selaku editor in chief Buletin Peternakan dalam pelatihan penulisan jurnal ilmiah Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Fakultas Peternakan UGM Kamis (4/5) di Fakultas Peternakan. “Konsistensi dan semangat terus mengasah kemampuan sangat penting bagi peneliti. Peneliti dan dosen yang berhasil mempublikasikan karyanya lebih dari 60 artikel pada jurnal internasional hanya meluangkan waktu sekitar satu jam per hari,” ungkap dosen yang berhasil mempublikasikan artikelnya pada British Poultry Science, salah satu jurnal internasional paling bereputasi di dunia pada bidang ilmu unggas.

Yuny lebih lanjut menjelaskan bahwa sebagai pemula, mahasiswa harus mempertimbangkan tingkat selektivitas dari jurnal yang dituju. Proses tersebut selanjutnya akan melatih mahasiswa untuk terbiasa dengan teknis memasukkan artikel pada jurnal. Selain itu, hal tersebut akan memotivasi mahasiswa untuk membidik jurnal yang lebih baik di masa mendatang.

“Sebagai pembelajaran, mulailah submit artikel pada jurnal yang memiliki impact factor terjangkau, sesuaikan dengan kualitas penelitian Saudara. Jadi, harus dilihat jurnal yang memiliki impact factor tidak terlalu tinggi untuk penulis yang masih belajar seperti kita. Setelah mampu tembus jurnal internasional, kembali submit jurnal dengan impact factor yang lebih tinggi. Untuk melihat impact factor jurnal internasional bisa dilihat daftarnya di scimago.com,” jelas dosen yang mendapatkan gelar Doktornya di Kagoshima University, Jepang, itu.

 “Sepandai-pandai orang, ia akan hilang dalam sejarah tanpa menulis, karena menulis adalah keabadian,” ungkap Yuny untuk memotivasi peserta pelatihan penulisan jurnal ilmiah. Pelatihan penulisan jurnal ilmiah yang diinisiasi oleh divisi keilmuan HMP Fakultas Peternakan UGM tersebut bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Pascasarjana dalam memproduksi artikel yang layak diterbitkan pada jurnal-jurnal bereputasi.

Dalam pelatihan itu juga diadakan bedah artikel yang ditulis oleh Aan Andriyano, S.Pt, mahasiswa Pascasarjana Fakultas Peternakan UGM. Salah satu artikelnya yang berjudul “Fermeherbafit Supplementation In Feed of Broiler Chicken on Total Blood Fat And Cholesterol” dipresentasikan dan dievaluasi langsung pada saat pelatihan untuk memberikan contoh yang gamblang bagi mahasiswa. (Niati Ningsih- HMP Fapet)

 





Rilis Berita