Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Kamis, 08 Juni 2017 - 11:06:17 WIB

MENYAMBUT INDONESIA SE-ABAD FAPET UGM: Finalkan Blueprint Kedaulatan Pangan Hasil Ternak

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Fakultas - Dibaca: 692 kali

YOGYAKARTA, 07 JUNI 2017 – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah memfinalkan cetak biru atau blueprint dari konsep kedaulatan pangan hasil ternak. Hal itu dilakukan sebagai kontribusi nyata perguruan tinggi dalam menyambut 100 tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 2045.

Hal itu diungkapkan oleh Dekan Fapet UGM Prof. Dr. Ali Agus dalam siaran persnya saat berbuka puasa dengan Insan Jurnalis, di Kampus Fapet UGM, Rabu (07/06/2017).

“Kita bertekad untuk berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara dengan pemikiran dan kajian kritis guna mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia. Perlu mendapat perhatian bahwa waktu 28 tahun lagi bukan waktu yang panjang. Karena itu, Fapet UGM siap berkontribusi bagi NKRI melalui penyediaan protein hewani asal ternak. Pangan dapat berasal dari tanaman (nabati) atau berasal dari hewan (hewani), yaitu ternak dan ikan. Untuk perikanan tentu kawan-kawan dari Departemen Perikanan Fakultas Pertanian yang akan membantu memikirkannya,” ujar dia.

Prof Ali menjelaskan, bahwa kedaulatan pangan adalah hak negara dan bangsa secara mandiri dalam menentukan kebijakan pangan. Sehingga dapat menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.

Menurut Prof Ali, upaya menegakkan kedaulatan pangan setidaknya harus memperhatikan 6 elemen penting. Pertama, hak dasar atau hak asasi manusia. Kedua, hak otonomi untuk mengelola pangan sendiri. Ketiga, perdagangan dan harga pangan yang berkeadilan. Keempat, dukungan demi keberlanjutan usaha tani. Kelima, kontrol faktor produksi seperti tanah, air, dan benih serta penyediaan produk pangan yang sehat. Keenam, kehalalan dan ke-thoyib-an.

Jihad Kedaulatan Pangan

Ia mengatakan, jika keenam hal tersebut dipenuhi maka potensi Indonesia untuk menegakkan kedaulatan pangan terbuka luas.

“Karena itu, sudah saatnya Indonesia mulai melakukan upaya yang sungguh-sungguh atau jihad penegakan kedaulatan pangan. Argumentasinya jelas, Indonesia punya lahan yang sangat subur, ditambah lagi jumlah penduduk yang sangat banyak sebagai salah satu kekuatan Indonesia menghadapi daya saing global saat ini,” terang Prof Ali.

Jihad kedaulatan pangan, jelas Prof Ali, harus diartikan sebagai upaya yang sungguh-sungguh dan luar biasa besar untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia untuk berdaulat dalam bidang pangan, sembari memohon rida Tuhan Yang Maha Esa.

“Jadi, jihad kedaulatan pangan harus dimaknai sebagai segala daya dan upaya yang sungguh-sungguh dan sangat serius yang harus dilakukan oleh suatu bangsa untuk mencukupi kebutuhan pangan yang halalan thayiban bagi warga negaranya dalam rangka mencari rida Tuhan Yang Maha Esa,” tambah Prof Ali.

Tingkatkan Kesejahteraan

Prof Ali menuturkan, saat ini bangsa Indonesia memiliki tugas besar dalam pembangunannya, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta meningkatkan kesejahteraan sosial dan keadilan dalam memanfaatkan sumber daya alam (SDA).

Sementara itu, ada 5 indikator dasar yang menunjukkan seseorang sejahtera. Yaitu, kenyang perutnya dengan pangan yang baik (halal-thoyib); sehat badannya; cerdas pikirannya dan terampil; terpenuhi kebutuhan rumah tangga (sandang, papan, hiburan dan kebutuhan sekunder atau tersier lainnya); dan terakhir terjaga martabatnya sebagai manusia.

“Dalam bahasa Jawa orang sejahtera itu wareg, waras dan wasis sebagai indikator terpenuhinya kebutuhan dasar. Oleh karena itu kelembagaan Negara yang mengurusi pangan, kesehatan, dan pendidikan adalah lembaga yang paling bertanggung jawab dalam mewujudkan Indonesia sejahtera,” ungkap Prof Ali.

Sumber: http://www.koranopini.com/nasional/pertanian/menyambut-indonesia-se-abad-fapet-ugm-finalkan-blueprint-kedaulatan-pangan-hasil-ternak

Link-link terkait:

http://id.beritasatu.com/agribusiness/fapet-ugm-finalkan-blueprint-kedaulatan-pangan-hasil-ternak/161213

 

http://nusantaranews.co/ugm-finalkan-blue-print-konsep-kedaulatan-pangan-hasil-ternak/

http://koransulindo.com/saatnya-indonesia-jihad-kedaulatan-pangan/





Rilis Berita