Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:08:04 WIB

Dekan Fapet UGM: Peternakan, Mengapa Tidak?

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 777 kali

Peternakan memiliki peran yang sangat strategis. Diprediksi, dalam 20 tahun ke depan permintaan dan produksi peternakan meningkat. Fakta ini menunjukkan bahwa mempelajari ilmu peternakan dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, D.A.A., D.E.A., ketika memberikan ceramah kepada mahasiswa baru Fapet UGM, Rabu (9/8) di kampus Fapet UGM. “Tercatat bahwa peternakan berperan penting dalam sejarah dunia. Amerika Serikat memenangkan Perang Dunia II berkat para peternak sebagai penghasil pangan berkualitas. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Australia didukung oleh landasan ekonomi yang berbasis industri pertanian. Di Indonesia, prospek usaha peternakan sangat menjanjikan. Indonesia berpenduduk kurang lebih 260 juta jiwa dan sebagian besar mengonsumsi produk hasil ternak,” ujar Dekan.

Dekan mengungkapkan bahwa kesuksesan akan mengikuti apabila ada kesungguhan dalam menggarap bidang peternakan. “Saat ini, telah banyak capaian yang diraih Fapet UGM. Dalam teknologi breeding, kita telah berhasil mengembangkan sapi Belgian Blue. Konservasi kambing Gembrong yang populasinya kurang dari 30 ekor pun tengah kita mulai dan saat ini masih berjalan. Di bidang perunggasan, kita telah berhasil melakukan budidaya ayam kampus super (ayam kampung sudah persilangan). Jadi, peternakan, mengapa tidak?,” tanya Dekan.

Selain hal-hal tersebut, Fapet UGM juga mengaplikasikan teknologi hasil ikutan peternakan, misalnya biogas. “Biogas merupakan teknologi yang didapat dengan memanfaatkan kotoran ternak. Teknologi ini dapat digunakan sebagai alternatif listrik atau sebagai pengganti gas LPG. Pada akhirnya, teknologi ini dapat mendukung desa mandiri energi,” kata Dekan.

Pesan Kepada Mahasiswa Baru

Kepada mahasiswa baru Fapet UGM Dekan berpesan agar rasa syukur karena telah diterima UGM diwujudkan dengan kesungguhan dalam melaksanakan pendidikan. “Saudara adalah pemuda dan pemudi pilihan. Fapet UGM merupakan salah satu Fakultas yang dihargai karena para alumninya bersungguh-sungguh mempersiapkan diri membantu mahasiswa menyiapkan masa depan. Niatkan untuk bersungguh-sungguh menuntut ilmu,” pesan Dekan.

Dekan menyebutkan bahwa perguruan tinggi adalah jembatan emas bagi para mahasiswa. Mahasiswa akan melaluinya dengan rintangan yang tidak mudah, tetapi ini merupakan jalan yang harus ditempuh untuk meningkatkan ketrampilan bagi diri sendiri dan masyarakat.

Untuk meningkatkan eksistensi peternakan, Dekan mengungkapkan beberapa tips kepada para mahasiswa baru. “Bermimpilah besar dan sukses. Dalam karir Saudara, jadilah pemimpin, bukan pemain. Mulailah dari diri sendiri dari hal yang terkecil, dan jangan lupa untuk selalu membangun persahabatan/networking. Luruskan niat, jangan ragu, dan kuatkan tekad untuk sukses,” kata Dekan. (Humas Fapet/Nadia)





Rilis Berita