Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jumat, 11 Agustus 2017 - 16:58:01 WIB

Era MEA: Generasi Muda Peternakan Diharapkan Menjadi Pemain

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Dunia Peternakan - Dibaca: 666 kali

Jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai sekitar 260 juta jiwa dengan daya beli tinggi.  Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), barang dan jasa dijual bebas dan peternakan dapat menjadi bidang usaha yang menjanjikan. Oleh karena itu, generasi muda peternakan diharapkan mampu menjadi pemain dalam MEA.

Hal tersebut diungkapkan oleh Andromeda Sindoro Soekarno, alumni Fakultas Peternakan (Fapet) UGM ketika berbagi pengalaman dengan mahasiswa baru Fapet UGM dalam acara Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB), Rabu (9/8) di kampus Fapet UGM. Andromeda selaku pemilik Sweet Sundae Ice Cream mengatakan, peternakan merupakan bidang yang prestigious karena banyak dibutuhkan. “Coba ketika adik-adik makan pizza, di situ ada susu, keju, dan sosis yang dipakai sebagai bahan baku adalah produk peternakan semua. Itulah yang membuat peternakan prestigious,” ujar pria yang akrab disapa Andro tersebut.

Andro yang memulai bisnisnya pada 2008 tersebut mengatakan bahwa Sweet Sundae Ice Cream yang menggunakan bahan-bahan lokal, natural, dan halal telah tersebar ke 17 kabupaten di Indonesia. Berkat kegigihannya, es krimnya kini telah diekspor hingga ke Jeddah.

Hal serupa diungkapkan oleh Ir. Anto Nugroho, M.I.kom. yang juga menjadi narasumber dalam acara tersebut. “Omzet bisnis di dunia perunggasan pada 2014 sebesar tiga triliun rupiah, artinya, kita bisa berkiprah di sini,” kata Anto. Alumni Fapet UGM yang kini bekerja di Japfa Comfeed Sidoarjo ini mengatakan bahwa globalisasi, perkembangan teknologi, dan tuntutan konsumen menjadi tantangan bagi generasi muda. Untuk itu, generasi muda dituntut untuk memiliki kompetensi yang tinggi, memiliki beragam keterampilan, dan memiliki semangat untuk terus belajar. (Humas Fapet/Nadia)





Rilis Berita