Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Senin, 14 Agustus 2017 - 16:43:28 WIB

Hockey Membawa Hoki

Diposting oleh : sekretariat
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 679 kali

 

Hockey membawa hoki. Itulah ungkapan yang dapat menggambarkan apa yang telah dilalui Kamilatun Nisak, mahasiswa baru Fakultas Peternakan 2017. Dara kelahiran Tulungagung, 6 Agustus 1998 ini diterima di Fakultas Peternakan (Fapet) UGM melalui jalur Penelusan Bakat Olah Raga dan Seni (PBOS) berkat prestasinya di bidang olah raga hockey. Sederet prestasi telah dicapainya mulai dari tingkat sekolah hingga internasional.

Awal Mengenal Hockey

Mila, panggilan akrab Kamilatun Nisak, pertama kali mengenal hockey ketika dirinya mengunjungi pameran ekstra kulikuler di sekolahnya, SMAN Kedungwaru Tulungagung. Ketertarikannya jatuh pada olah raga hockey, sebuah olah raga yang masih jarang ditemui di kotanya. Bahkan, hanya ada 1 klub hockey di Tulungagung.

Di matanya, hockey adalah permainan yang istimewa. “Kalau sudah cinta hockey akan ketagihan. Permainannya seru, dan yang paling menyenangkan adalah bermain dalam tim. Rasa respek diantara anggota tim akan menumbuhkan chemistry ketika bermain di lapangan,” ujar Mila ketika ditemui di kampus Fapet UGM, Senin (14/7).

Latihan Intensif Hasilkan Prestasi

Prestasinya dalam hoki tak lepas dari latihan intensif dan disiplin. Mila mengungkapkan, latihan dilaksanakan 4 kali dalam seminggu di sekolah. “Kami biasa latihan sepulang sekolah. Latihan terdiri atas dua macam, yaitu latihan fisik dan skill. Untuk latihan fisik, kita biasanya jogging selama 10-15 menit, push up, dan sit up. Untuk latihan skill, kita biasanya lari estafet, naik turun tangga dan mengitari bangunan sekolah, dan lari keliling lapangan bola,” jelas sulung dari 3 bersaudara ini. Meski sering merasa lelah karena padatnya jadwal latihan, Mila tidak pernah mengeluh karena semangatnya untuk membuat hockey di Tulungagung lebih baik lagi dan dikenal di Indonesia.

Mila menambahkan, untuk menjadi seorang pemain hockey yang bagus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu fisik yang kuat, memiliki skill bagus, memiliki ketahanan tubuh yang baik, dan sering berlatih. “Fisik yang bagus harus dimiliki pemain. Pada waktu mengikuti kejuaraan di Pekan Olah Raga Provinsi (POR Prov) Jawa Timur, kami harus bermain di lapangan indoor dan outdoor. Di sini, kekuatan fisik benar-benar dibutuhkan. Kejuaraan ini adalah yang terberat yang pernah saya ikuti, tetapi semua kerja keras terbayar ketika kami memperoleh juara pertama,” katanya. Selain itu, prestasi-prestasi yang pernah diraihnya adalah juara I putri dalam kejuaraan internasional The 2nd Bali Hockey 6’s Fest 2015, juara I putri dalam kejuaraan Dhamysoga Hockey Competition II antarpelajar se-Jawa Timur, juara I putri PORKAB Gresik Tahun 2015, dan juara II Kejuaraan SMANIM Cup 2016 antarpelajar se-Jawa Timur.

Harapan dan Cita-cita

Meski ayahnya seorang guru olah raga, Mila tidak pernah dituntut untuk melanjutkan studi di bidang olah raga. “Saya tertarik masuk Fapet UGM atas keinginan saya sendiri. Menurut saya, peternakan memiliki peluang kerja yang bagus,” ujarnya. Mila berharap, dunia peternakan semakin maju dan prestasinya semakin meningkat.

Selain harapan di bidang akademik, Mila tentu memiliki harapan dan cita-cita di bidang hockey. “Saya bercita-cita untuk terus bermain hockey dengan bergabung dengan tim hockey UGM. Dengan tim ini, saya ingin dapat bermain di tingkat nasional maupun internasional dan membawa nama baik UGM. Mahasiswa Fapet yang tertarik hockey silakan berlatih dengan saya. Saya senang jika ada yang mau ikut latihan,” katanya. (Humas Fapet/Nadia)





Rilis Berita