Fakultas Peternakan

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Kegiatan Ekstrakurikuler

Diposting tanggal: 30 Juli 2012

Kegiatan ekstra kurikuler di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada dilakukan oleh Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) yang pelaksanaannya dinilai/diawasi oleh Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF).

Secara garis besar kegiatan ekstra kurikuler dibagi menjadi tiga bagian pokok yaitu:

A. Penalaran dan Keilmiahan

Kegiatan penalaran dan keilmiahan, baik di tingkat universitas maupun fakultas pada umumnya dilakukan dengan seminar, penelitian, simposium, penataran, latihan-latihan serta forum-forum diskusi.

B. Minat dan Bakat/Kegemaran

Minat mencakup hobi dan semua kegiatan yang dapat mendorong peningkatan prestasi di luar kegiatan akademik. Hal ini mencakup pula wadah untuk menyalurkan minat dan bakat khususnya dalam bidang olah raga.

Secara garis besar jenis kegiatan minat dan bakat dibedakan menjadi:

  1. Dasar-dasar keolahragaan dan atletik,
  2. Olahraga permainan meliputi: bulutangkis, bola voli, bola basket, sepak bola, futsal, sepak  takraw, tenis, tenis meja dan catur,
  3. Olahraga beladiri meliputi: kempo, pencak silat, tae kwon do, judo, karate dll.
  4. Kesenian meliputi: seni  lukis, seni tari (jawa, bali, kreasi baru), seni suara (keroncong, band, paduan suara), teater, drum band,
  5. Kerohanian (Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha),
  6. Kegiatan profesi meliputi koperasi dan penerbitan mahasiswa,
  7. Mapagama,
  8. Terjun payung,
  9. PPPK dan pramuka.

C. Kesejahteraan Mahasiswa

Kegiatan ini diperlukan untuk memberikan sikap kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat terutama para petani peternak dalam rangka pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kesejahteraan meliputi tidak hanya bidang material seperti depot mahasiswa, English Conversation Club, Caravan Mountaineering Club, namun juga yang berhubungan dengan kesejahteraan rohani baik Islam, Katholik, Kristen, Hindu dan Budha.