Struktur Organisasi

Guna memperlancar pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan Fakultas Peternakan UGM perlu dilengkapi dengan struktur organisasi yang terdiri atas Pengurus  Fakultas, Senat Fakultas, Pelaksana  Akademik, Pelaksana Administrasi, dan Unsur Penunjang.

Unsur Pelaksana Akademik terdiri dari tenaga pengajar, teknisi, administrasi, dan laboratorium. Laboratorium-laboratorium pada Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan terdiri dari laboratorium yang mampu menjabarkan konsep Ilmu, Teknologi, Industri, dan Agrobisnis Peternakan.

A. Pengurus Fakultas Periode 2016-2020

Dekan

Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan                                        

Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama

Bambang Suwignyo, S.Pt., M.P., Ph.D.

Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia

Prof. Ir. I Gede Suparta Budi Satria, M.Sc., Ph.D., IPU.

B. Pelaksana  Akademik

Departemen adalah unsur pelaksana fakultas dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Departemen terdiri atas   kelompok Tenaga Pengajar, Teknisi, Administrasi, dan Laboratorium. Departemen dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris.

Departemen Nutrisi dan Makanan  Ternak

  • Ketua : Prof. Dr. Ir. Kustantinah, DEA.
  • Sekretaris : Dr. Ir. Chusnul Hanim, M.Si., IPM

Departemen Produksi Ternak

  • Ketua : Ir. Y. Yuni Suranindyah, M.S., Ph.D.
  • Sekretaris : Panjono, S.Pt., M.P., Ph.D.

Departemen Sosial Ekonomi Peternakan

  • Ketua  : Ir. F. Trisakti Haryadi, M.Si., Ph.D.
  • Sekretaris : Dr. Tri Anggraeni Kusumastuti, S.P., M.P.

Departemen Teknologi Hasil Ternak

  • Ketua  : Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D., IPU.
  • Sekretaris : Ir. Rusman, M.P., Ph.D.

Departemen Pemuliaan dan Reproduksi Ternak

  • Ketua  : Tety Hartatik, S.Pt., Ph.D., IPM.
  • Sekretaris  : Dr. Ir. Sigit Bintara, M.Si., IPM.

C. Pelaksana Administrasi

Pengurus Fakultas dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar dibantu oleh Bagian Tata Usaha sebagai pelaksana utama bidang administrasi. Bagian Tata Usaha dipimpin oleh Kepala Kantor Administrasi yang dalam melaksanakan tugas dibantu oleh Seksi Akademik dan Kemahasiswaan dan Seksi Keuangan, Administrasi, dan Umum, yang masing-masing dikepalai oleh seorang Kepala Seksi.

Kepala Kantor Administrasi

  • Lisdiyani, S.H., M.Pd.

Seksi Akademik dan Kemahasiswaan 

  • Yudi Waluyo, SET.

Seksi Keuangan, Administrasi dan Umum

  • drh. Samsudiyono

D. Unsur Penunjang

Unsur Penunjang berfungsi membantu Pengurus Fakultas dalam melaksanakan proses belajar-mengajar, khususnya dalam pelaksanaan akademik. Unsur Penunjang yang dimaksud disini antara lain: unit perpustakaan, laboratorium komputer, UPT perah, unit peternakan (kandang,  ternak, mesin-mesin dan kebun rumput). Bila dipandang perlu oleh Pengurus Fakultas, jumlah dan macam unsur penunjang dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan.

1. Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Peternakan UGM mempunyai tugas pokok untuk mencari, mengoleksi, memproses,  menyajikan, dan menelusur  informasi yang dibutuhkan oleh civitas akademika Fakultas Peternakan UGM dalam format tercetak maupun digital untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar.

2. Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer merupakan sarana untuk menunjang kegiatan praktikum Statistika dan Rancangan Percobaan, sebagai unit pelayanan bagi mahasiswa yang akan menulis tugas akhir (Laporan PKL, Skripsi, dan lainnya), dan pelayanan fasilitas internet.

3. Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Perah

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perah merupakan fasilitas praktikum dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen yang terkait dengan ternak  perah dan usaha persusuan.

4. Unit Peternakan

Unit Peternakan terdiri atas kandang, ternak, mesin-mesin, dan kebun rumput yang merupakan fasilitas penunjang untuk penyelenggaraan praktikum dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen.