Departemen

1. Departemen Nutrisi dan Makanan  Ternak

Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak adalah unsur pelaksana akademik Fakultas Peternakan yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam  cabang ilmu yang berkaitan dengan peternakan, khususnya nutrisi dan makanan ternak. Tugas pokok Departemen ini ialah memberikan disiplin ilmu nutrisi dan makanan ternak yang meliputi nutrisi ternak, komposisi pakan, dan persyaratan nutrien untuk ternak, pengadaan, kegunaan, pengawetan dan teknik  pemberian pakan ternak, serta cara penyusunan ransum.

Ketua: Prof. Dr. Ir. Kustantinah, DEA., IPU.

Sekretaris: Dr. Ir. Chusnul Hanim, M.Si., IPM.

2. Departemen Produksi Ternak

Departemen Produksi Ternak adalah unsur pelaksana akademik Fakultas Peternakan yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam cabang ilmu yang berkaitan dengan proses produksi ternak. Tugas pokok departemen ini adalah memberikan ilmu dasar dan tata laksana produksi beberapa jenis ternak.

Ketua: Ir. Yustina Yuni Suranindyah, M.S., Ph.D., IPM.

Sekretaris: Ir. Panjono, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM.

3. Departemen Sosial Ekonomi Peternakan

Departemen Sosial Ekonomi Peternakan adalah unsur pelaksana akademik Fakultas Peternakan yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam cabang ilmu sosial dan ekonomi peternakan. Tugas pokok Departemen ini adalah memberikan disiplin  ilmu sosial dan ilmu ekonomi yang berkaitan dengan usaha peternakan, antara lain penyuluhan, usaha tani, koperasi, dan analisis ekonomi  peternakan.

Ketua  : Ir. F. Trisakti Haryadi, M.Si., Ph.D., IPM.

Sekretaris : Dr. Tri Anggraeni Kusumastuti, S.P., M.P., IPM.

4. Departemen Teknologi Hasil Ternak

Departemen Teknologi Hasil Ternak merupakan unsur pelaksana akademik Fakultas Peternakan yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam  cabang ilmu dan teknologi hasil ternak. Tugas pokok Departemen ini ialah memberikan disiplin ilmu dan teknologi hasil ternak dan hasil sampingannya.

Ketua: Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D., IPU.

Sekretaris: Ir. Rusman, M.P., Ph.D.

5. Departemen Pemuliaan dan Reproduksi Ternak

Departemen Pemuliaan dan Reproduksi Ternak adalah unsur pelaksana akademik Fakultas Peternakan yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam cabang ilmu yang berkaitan dengan genetika, fisiologi, dan reproduksi ternak.

Ketua: Prof. Ir. Tety Hartatik, S.Pt., Ph.D., IPM.

Sekretaris  : Dr. Ir. Sigit Bintara, M.Si., IPM.