Fapet UGM-Pertamina Kolaborasi Kembangkan Energi Biomassa

Fakultas Peternakan (Fapet) UGM bersama PT Pertamina (Persero) mengadakan Training Capacity Building Pengembangan Biomassa selama dua hari, 16-17 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti 17 orang peserta baik dari PT Pertamina maupun Fapet UGM.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., IPU., ASEAN Eng, mengatakan Fapet UGM memiliki potensi besar dalam pengembangan energi biomassa khususnya yang berasal dari bioetanol dan biogas.

“Fapet ada Gama Umami sebagai varietas baru yang tengah dikembangkan dan berpotensi besar dalam pengembangan energi terbarukan,”papar Budi dalam sambutannya.

Rumput Gama Umami berasal mutasi rumput gajah yang telah diradiasi sinar gamma sehingga menghasilkan rumput yang lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya. Rumput gajah dipilih karena rumput ini merupakan jenis yang unggul, disukai ternak ruminansia, dan sangat cocok dikembangkan di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis.

Kegiatan training dikemas di dalam kelas dan kunjungan ke lapangan dengan menghadirkan pemateri dari Fapet dan Fakultas Kehutanan UGM. Harapannya, para peserta akan mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang pengembangan biomassa sebagai solusi energi terbarukan.

Penulis: Humas Fapet/Satria

Foto: Panitia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.