Fapet UGM Peduli Lingkungan Tanpa Sampah Plastik

Fakultas Peternakan (Fapet) UGM memiliki keprihatinan dan fokus pada penanganan sampah. Salah satu langkah yang dilakukan yakni penyajian hidangan atau kudapan tanpa menggunakan kardus kertas maupun plastik kepada para pengawas Ujian Masuk UGM-CBT pada Selasa-Kamis (2-4/6).

Menurut Kepala Kantor Administrasi Fapet UGM, Nurma Diani Sekarsih, S.Pd., MBA., langkah kecil ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang berbahaya bagi lingkungan hidup.

“Bahaya sampah plastik jelas pencemaran tanah karena sifatnya yang sulit terdekomposisi sehingga berbahaya bagi makhluk hidup,”papar Nurma.

Inisiasi program ini, kata Nurma, juga sejalan dengan komitmen UGM dalam penerapan Sustainable Development Goals (SDGs). Program ini sebelumnya juga telah dirintis oleh tim Health Promoting University (HPU) Fapet UGM tahun 2019 dan 2020 dengan pembagian tumbler kepada sivitas Fapet.

“Pola hidup sehat dan ramah lingkungan ini terus dijaga dan dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana,”katanya.

Tidak akan berhenti pada kegiatan UM UGM-CBT, praktik baik tersebut akan terus dibiasakan pada kegiatan lainnya, seperti rapat, seminar maupun acara lainnya.

Peran Fapet UGM dalam pengelolaan sampah juga telah mendapat pengakuan. Fapet UGM pernah juara dalam pengelolaan sampah pada saat lomba UGM bebas sampah bertepatan dengan Dies Natalis UGM tahun lalu.

 

Penulis: Satria

Foto: Yani

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.