Menyeimbangkan Fisik dan Batin dengan Yoga

Kesibukan beraktifitas di tempat kerja seringkali menimbulkan stres, capek dan rasa bosan. Rutinitas para dosen, tenaga kependidikan hingga mahasiswa tersebut membutuhkan saluran yang bisa menyeimbangkan antara fisik dan batin (pikiran). Yoga menjadi salah satu kegiatan positif yang dilakukan sivitas Fakultas Peternakan (Fapet) UGM.

“Banyak kegiatan positif di Fapet. Yoga salah satunya yang saya pilih,”tutur salah satu tenaga kependidikan Fapet, Prisilia Putri Susilowatie, S.Pd., Kamis (11/7).

Yoga adalah olahraga yang mengombinasikan antara pikiran dan tubuh. Ada berbagai gaya yang menggabungkan antara teknik pernafasan, fisik, meditasi maupun relaksasi. “Beban pekerjaan perlu penyaluran agar tidak menumpuk. Saya rasa lewat yoga ini relatif ringan sebagai bentuk olahraga,”imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. Dosen Fapet UGM ini awalnya hanya mengantarkan istri yang saat itu sakit pinggang dan kaki kesemutan. Setelah rutin mengikuti yoga, sakit yang dirasakan bu Edi berkurang banyak bahkan sembuh.

“Pasca Covid gantian saya sakit pinggang karena aktivitasnya banyak duduk. Nah, ikut yoga sekalian Alhamdulillah sakit pinggangnya sembuh,”tutur Edi.

Edi juga merasa lebih bugar dan fresh setelah mengikuti yoga.

Olahraga yoga di Fapet UGM sudah ada sejak awal Januari 2024. Kegiatan yang rutin dilakukan seminggu sekali ini biasanya dilaksanakan sore hingga senja selepas jam kerja. Saat ini jumlah anggota yang aktif yoga di Fapet UGM sudah lebih dari 10 orang, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa serta pensiunan.

Anda tertarik? Yuk ikut yoga.

 

Penulis: Satria

Foto: Klub Yoga Fapet

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.