Tim PPK Ormawa BEM Fapet Bangun Peternakan Ayam Petelur Unggul

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan UGM (PPK Ormawa BEM Fapet) menginisiasi pembentukan peternakan ayam petelur di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Ide ini berasal dari adanya lahan kosong di wilayah tersebut yang dapat dimanfaatkan untuk membangun peternakan ayam petelur.

“Potensi ekonomi peternakan ayam petelur masih menjanjikan,”papar Ketua Pelaksana PPK Ormawa BEM Fapet UGM, Anugrah Rizki, Jumat (16/8).

Selain lahan kosong, para pemuda desa setempat cukup antusias dan semangat mewujudkan program ini. Langkah pertama yang dilakukan Tim PPK Ormawa BEM Fapet yakni melakukan survei dan analisis potensi lahan kosong. Survei dilakukan dengan menggandeng anggota tim yang berasal dari beberapa program studi, pemuda desa, dan pemerintah desa setempat. Analisis dilakukan untuk menyusun rencana bisnis dan strategi beternak ayam petelur.

“Analisis dilakukan dengan diskusi beberapa pihak antara lain tim pelaksana, pemuda desa, tokoh masyarakat setempat, dan dosen pendamping. Hasil analisis ini kemudian dijadikan acuan untuk pembangunan usaha peternakan ayam petelur,”urainya.

Kontribusi masyarakat pada program ini cukup besar. Ini dibuktikan dengan biaya pembuatan kandang yang ditanggung pemuda desa dan masyarakat setempat sebesar 80 persen. Teknis pembangunan kandang dikerjakan secara gotong royong antar pemuda desa, masyarakat setempat, tim pelaksana, dan tukang ahli bangunan. Selain untuk memanfaatkan lahan kosong harapannya peternakan ayam ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Sumber: Tim PPK Ormawa BEM Fapet

Editor: Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.