Konsorsium Perguruan Tinggi Asia Kaji Masa Depan Ekonomi Sirkular di Bidang Peternakan, Pertanian, dan Kehutanan

Delegasi perguruan tinggi di Asia yang tergabung dalam The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) University Consortium menghadiri The 9th University Consortium Graduate Forum 2024  dengan tema Sustaining Our Future: Circular Economy in Animal Production, Agriculture, and Forestry, 17-18 Juli 2024 di Yogyakarta.

Perguruan tinggi yang hadir dalam forum tersebut yaitu University of the Philippine Los Banos, Central Luzon State University, Central Mindanao University, Visayas State University, Kasetsart University, Maejo University, National Taiwan University, Tokyo University of Agriculture, University Putra Malaysia, UGM, IPB, dan Universitas Brawijaya.

Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) UGM sekaligus Executive Officer University Consortium UGM, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., menyampaikan selama dua hari para peserta akan berdiskusi sekaligus mengeksplorasi masa depan pertanian, peternakan dan kehutanan dalam praktik ekonomi sirkular.

“Tantangan lingkungan hidup saat ini mendorong kita untuk merubah praktik pertanian, peternakan dan kehutanan guna menjamin keamanan pangan global,”terang Budi saat membuka acara di Loman Park Hotel.

Ia menambahkan munculnya konsep ekonomi sirkular yang mengedepankan prinsip efisiensi sumber daya, pengurangan limbah, dan keberlanjutan memberikan harapan bagi pengembangan industri modern di bidang pertanian dan kehutanan.

“Visi kita sama bagaimana kehutanan, peternakan dan pertanian hidup berdampingan secara damai dengan alam,”imbuhnya.

Penyelenggaraan kegiatan The 9th University Consortium Graduate Forum 2024 melibatkan Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Pada hari pertama hadir dua narasumber yang menyampaikan paparan kunci, yaitu Prof. Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D (Perikanan UGM) serta Prof. Ir. Zaenal Bachruddin, M.Sc., Ph.D., IPM. (Peternakan UGM).

Selain workshop dan presentasi ilmiah, di hari kedua peserta akan melakukan kunjungan lapangan ke Balkondes Karangrejo dan Candi Borobudur.

 

Penulis: Satria

Foto: Margiyono

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.