Mahasiswa UGM Kembangkan Alat Pencegah Heat Stres Ayam Broiler

Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang tergabung dalam Tim PKM-KI mengembangkan HeatAway. Alat ini bermanfaat untuk memitigasi dampak heatstress pada ayam broiler. Kelima mahasiswa tersebut yaitu Shafira Adelia (Ilmu dan Industri Peternakan 2022), Satria Anggit Pamungkas (Elektronika dan Instrumentasi 2021), Ihza Surya Pratama (Elektronika dan Instrumentasi 2021), Muhammad Hanan Hawari (Elektronika dan Instrumentasi 2021), dan Raden Fakhru Rossy (Elektronika dan Instrumentasi 2021) dengan dosen pembimbing Dr. Danang Lelono, S.Si, M.Sc.

Shafira mengatakan HeatAway merupakan produk inovatif yang mampu mengatasi heatstress dengan mengontrol blower, sprinkle, dan intensitas cahaya. Produk inovatif yang diciptakan memiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan ternak, meningkatkan ADG, menurunkan FCR, dan banyak dampak baik lainnya

“HeatAway merupakan produk karya inovatif  lokal ciptaan mahasiswa yang dapat menjadi solusi peternak broiler. Tidak hanya untuk memitigasi dampak heatstress, HeatAway juga dapat mengoptimalkan produktivitas ayam. Dengan ini, mahasiswa dapat berkreasi dan memberikan dampak positif dalam industri peternakan,” ujar salah satu anggota tim PKM-KI HeatAway, Shafira Adelia yang juga mahasiswi Fakultas Peternakan 2022, Selasa (23/7).

Ia menjelaskan penciptaan karya inovatif HeatAway didasari oleh tingginya populasi serta peminat dari peternakan ayam. Peternakan ayam memiliki tantangan tersendiri seperti suhu lingkungan di Indonesia yang cukup fluktuatif serta tidak sesuai sehingga menyebabkan peningkatan kasus Heat Stress.

Heat stress merupakan kondisi atau gejala yang timbul akibat ketidakmampuan ayam untuk menyesuaikan kondisi tubuhnya dengan kondisi lingkungan ayam yang mengalami heat stress sehingga dapat mengalami gangguan pertumbuhan bahkan kematian.

Melihat kondisi tersebut maka Tim PKM-KI HeatAway menciptakan device Enviromental Controller yang berisikan master, slave dan Moblie App. Produk inovatif HeatAway menggunakan sensor untuk menciptakan alat fully automated serta memberikan data terbaru di kandang secara realtime melalui mobile app. Data-data yang dipantau oleh sensor yaitu kadar ammonia, suhu, kelembapan, lux, dan kecepatan angin di dalam kendang.

 

Sumber: Tim PKM-KI HeatAway

Editor: Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.