Mahasiswa Fapet UGM Raih Emas Kejuaraan Pencak Silat Komisariat Akmil Championship 2024

Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada kembali mencatatkan prestasi gemilang. Bangkit Setiyoko, mahasiswa Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan angkatan 2023, berhasil meraih juara pertama dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat Komisariat Akmil Championship 2024. Kemenangan ini diraih dalam kategori Pencak Silat Tanding A Putra Dewasa yang menjadi bagian dari kejuaraan nasional tersebut. Kejuaraan bergengsi ini berlangsung pada 20-22 September 2024 di Mako Akademi Militer Magelang.

Bangkit Setiyoko tampil memukau dan penuh keyakinan dalam kategori tanding A Putra Dewasa. Dengan bakat dan dedikasi yang luar biasa, Bangkit berhasil meraih juara pertama dan membawa pulang medali emas. Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan dirinya sendiri, tetapi juga mengharumkan nama almamater, UKM silat UGM, UKM PSHT UGM, PSHT, dan menginspirasi banyak orang, khususnya para pemuda dan pemudi yang ingin berprestasi di bidang olahraga tradisional Indonesia.

“Pencapaian prestasi ini bukanlah hal yang serta merta dapat diraih. Perlu membagi waktu antara akademik dan juga non akademik,” kata Bangkit, Rabu (25/9).

Mako Akademi Militer Magelang menjadi saksi dari kehebatan Bangkit dalam mempertontonkan keterampilan dan seni bela diri pencak silat yang kreatif. Kejuaraan ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan dan melestarikan budaya pencak silat di kalangan generasi muda.

Hal ini menjadi bukti bahwa prestasi non-akademik tidak kalah penting dengan prestasi akademik. Bangkit menjadi salah satu bukti bahwa menyeimbangkan antara prestasi akademik dan non-akademik sangatlah penting. Ia mengalami berbagai proses panjang sebelum berhasil meraih kejuaraan tersebut. Bahkan, tak jarang ia harus mengalami sebuah kegagalan yang dijadikan pemicu untuk tetap bangkit dan meneruskan perjalanan.

“Semoga dengan hasil yang sekarang saya dapatkan dapat terus mengembangkan dan mengasah kemampuan diri saya sendiri. Supaya nantinya semakin banyak prestasi yang saya torehkan baik akademik maupun non akademik, baik di tingkat wilayah, nasional, bahkan internasional kepada Fapet UGM dan tentunya untuk UGM ini sendiri,” imbuhnya.

Dosen pembimbing akademik Bangkit, Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., menilai Bangkit selama ini memang dikenal sebagai mahasiswa yang rajin dan bersemangat mengikuti banyak kompetisi. “Anaknya rajin dan penuh semangat mengikuti berbagai lomba,”kata Nanung.

 

Sumber: Bangkit

Editor: Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.