Mahasiswa Fakultas Peternakan Raih Dua Medali Emas di PIMNAS ke-37

Nuraini Islami Kamiliiya, mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) angkatan 2022, bersama Tim PKM-PI UGM, Eco-Chopper, berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37. Dalam ajang PIMNAS ke-37 yang diselenggarakan di Universitas Airlangga pada tanggal 14-18 Oktober 2024 lalu, Nuraini bersama dengan 4 rekannya, Dharmawan Satria (SV 2022), M. Fadhiil (SV 2022), Erwin Yulianto (SV 2022) dan Orchidia Ummu (SV 2023) berhasil mendapat 2 medali emas pada kategori poster dan presentasi.

Tim PKM-PI Eco-Chopper dengan judul PKM Implementasi Alat Eco-Chopper pada Peternakan 78 Farm Yogyakarta di Godean Kolowenang Sumberarum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY, telah berhasil membuat alat pembuat silase all in one yang menggabungkan pencacah, pemadat, vakum, dan sealer sehingga pembuatan silase lebih efisien. Adanya alat ini dapat mempermudah peternak dalam membuat silase yang praktis dan lebih hemat biaya produksi karena menggunakan listrik serta panel surya sebagai daya penggeraknya.

Di bawah bimbingan tugas akhir bersama Dr. Ir. Endy Triyannanto, S.Pt., M.Eng., IPM., ASEAN Eng., Nuraini tidak hanya menunjukkan kemampuan akademik yang baik, tetapi juga membuktikan bahwa ia mampu berprestasi di bidang penelitian ilmiah hingga tingkat nasional.

“Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berprestasi di berbagai bidang,”harap Endy, Kamis (24/10).

Dengan dedikasi dan kerja keras sejak awal penyusunan proposal PKM pada Desember tahun lalu, Nuraini Islami Kamiliiya telah menunjukkan bahwa kombinasi antara akademik dan bidang lain dapat berjalan beriringan tanpa meninggalkan salah satunya. Nuraini telah membawa kebanggaan tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi institusi yang menaunginya.

 

Sumber: Endy T

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.