Fapet UGM Genjot Publikasi Mahasiswa Pascasarjana

Fakultas Peternakan (Fapet) UGM terus berupaya menggenjot jumlah publikasi dari mahasiswa pascasarjana. Salah satu terobosan yang dilakukan yakni dengan mengadakan seminar hasil S2 dengan tajuk The 1 st Animal Science Graduate Seminar Semester Gasal TA. 2024/2025, Rabu (9/10) di Auditorium drh. R. Soepardjo Fapet UGM.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra,  S.Pt., M.Sc. Ph.D., IPU., ASEAN Eng., mengatakan pada seminar hasil kali ini dibuat layaknya conference dan berbeda dari tahun sebelumnya.

“Pendekatannya berbeda dan kita buat simulasi kali ini. Publikasi mahasiswa pascasarjana harus terus digenjot,”kata Romadhoni saat membuka acara.

Untuk mendorong bertambahnya jumlah publikasi mahasiswa pascasarjana telah dirancang berbagai cara, seperti pelatihan tentang keahlian bidang software maupun analisis data. Untuk itu Romadhoni berharap para mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas yang disiapkan fakultas.

 

Mengoptimalkan Potensi di Tengah Tantangan

Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si selaku Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian DIY, BSIP Kementerian Pertanian, yang menjadi pembicara kunci berharap para mahasiswa pascasarjana bisa memanfaatkan berbagai tantangan di dunia pertanian-peternakan untuk menjadi potensi yang bisa dikembangkan.

“Ada perubahan iklim serta kecukupan pangan yang jadi PR. Jadikan tantangan itu menjadi peluang,”tegas Soeharsono.

Dengan kondisi ini maka diperlukan perubahan mindset SDM dalam mengelola sumber daya peternakan. Disamping itu, kolaborasi dan inovasi baru menjadi faktor yang turut menentukan pengembangan industri peternakan tanah air.

 

Penulis: Satria

Foto: Margiyono

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.