Dinas Pertanian Bulungan Jajaki Kerja Sama dengan Fapet UGM

Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, mengunjungi Fakultas Peternakan (Fapet) UGM, Kamis (12/9). Rombongan Dinas Pertanian Bulungan dipimpin oleh Kepala Dinas, Kristiyanto, S.P., M.T., dan diterima oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra,  S.Pt., M.Sc. Ph.D., IPU., ASEAN Eng., beserta tim.

Kristiyanto mengatakan saat ini masih dijumpai beberapa persoalan di Bulungan seperti kebutuhan daging yang 90 persennya masih dipasok dari luar.

“Kebutuhan daging baik itu ayam, sapi, hingga telur dll baru terpenuhi 10 persen. Sisanya masih ambil dari luar,”katanya.

Melihat persoalan tersebut pihaknya juga telah mencoba menciptakan kawasan-kawasan tertentu sebagai pusat peternakan untuk memenuhi kebutuhan daging. Untuk itu diperlukan kajian maupun bimbingan teknis dari para ahli peternakan.

“Swasta memang sudah ada yang dilibatkan tetapi untuk bimtek maupun kajian ini tetap memerlukan peran ahli termasuk dari perguruan tinggi,”imbuh Kristiyanto.

Ahmad Romadhoni menyambut baik penjajakan kerja sama bersama Dinas Pertanian Bulungan. Menurut Romadhoni hadirnya IKN di Kalimantan bisa menjadi magnet pengembangan peternakan di Bulungan.”Di Kalimantan sebelumnya kita juga sudah bekerja sama dengan beberapa daerah misalnya terkait pengembangan desa binaan, pembuatan grand desain, pengabdian masyarakat, dll,”kata Romadhoni.

Salah satu arah kerja sama Fapet UGM selama ini, kata Romadhoni, juga diarahkan pada target pencapaian SDGs. Untuk itu ia berharap kerja sama dengan pemerintah daerah Bulungan nantinya bisa diperluas lagi.

 

Penulis: Satria

Foto: Margiyono

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.