Tim Peneliti Fakultas Peternakan Lakukan Tour Academic Dalam Rangka Kunjungan Industri, Penjajakan Kerja Sama Penelitian dan Pengabdian

Tim Peneliti Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU., ASEAN Eng., sukses melakukan tour academic dalam rangka kunjungan industri, penjajakan kerja sama penelitian dan pengabdian. Kegiatan ini diikuti peneliti lainnya, yaitu Prof. Dr. Ir. Nurliyani, M.S., IPM., Ir. Andriyani Astuti, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Ir. Rochijan, S.Pt., M.Sc., IPM., Prof. Ir. Yustina Yuni Suranindyah, M.S., Ph.D., IPM. dan Widi Putri Karisma, S.Pt. (Mahasiswa Pascasarjana).

Prof. Budi Prasetyo memaparkan kegiatan tour academic yang dilaksanakan pada 27-28 September 2024 tersebut mengambil beberapa lokasi kunjungan, yakni Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Kelompok Tani Ternak Sapi Perah Sumber Rejeki Desa Sidoluhur, Malang, PT. Indolakto Purwosari, Jawa Timur, Peternakan Organik: Rejeki Baru Farm, Pasuruan dan UD Kambing Burja Malang.

“Kunjungan tentu ada sesi diskusi serta melihat beberapa fasilitas di lokasi tersebut,”kata Budi Prasetyo.

Dalam kunjungan itu tim Fapet UGM ditemui oleh peneliti dan beberapa perwakilan dari Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (diwakili Dr. Hamyana, SST., MP. sebagai WaDir II dan Kaprodi Agribisnis Peternakan), Kelompok Tani Ternak Sapi Perah Sumber Rejeki Desa Sidoluhur, Malang (diwakili Mulyono sebagai Ketua Kelompok, sekretaris dan Perwakilan dari Disnakkeswan Kabupaten Malang), PT. Indolakto Purwosari, Jawa Timur (Erik Budiman Salihin dan jajarannya), dan UD Kambing Burja Malang (Martinus Alexander).

“Beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan itu antara lain tentang program pemerintah terkait makan bergizi maupun regulasi pemerintah terkait susu dan turunannya,”kata Budi, Selasa (1/10).

Selain itu, kegiatan juga untuk menjajaki kerja sama penelitian dan pengabdian, pengembangan laboratorium pakan dan penelitian sapi perah Polbangtan Malang. Ada pula diseminasi hasil penelitian ke peternakan sapi perah rakyat dan berkunjung langsung ke farm melihat pengembangan peternakan sapi perah organik, serta penjajakan kerja sama penelitian dengan UD Kambing Burja Malang.

Tim peneliti juga mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung fasilitas laboratorium dan teaching farm (sapi perah) milik Polbangtan Malang, berkeliling pabrik melihat proses produksi produk-produk susu yang dihasilkan oleh PT Indolakto, berkeliling farm sapi perah organik milik Rejeki Baru Farm dan farm UD Kambing Burja.

“Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bersama terkait kerja sama penelitian dan pengabdian untuk mendukung produktivitas sapi perah rakyat, peningkatan volume susu nasional berkualitas, serta program pemerintah terkait makan bergizi dan diseminasi hasil penelitian,” imbuh Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia, Ir. Andriyani Astuti, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.

 

Sumber: Rochijan

Editor: Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.