Fapet UGM Sukses Gelar Kuliah Gratis Periode 10

Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menyelenggarakan Kuliah Gratis Periode 10 sebagai bagian dari kegiatan Lustrum XI, pada Jumat, 13 September 2024. Bertempat di Auditorium Fakultas Peternakan UGM, acara ini mengangkat tema “Sukses Beternak Kambing-Domba Potong” dan dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari mahasiswa, peternak, dan praktisi peternakan.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia Lustrum XI, Ir. Tian Jihadhan Wankar, S.Pt., M.Sc,, Ph.D., IPP dan dilanjutkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., yang menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta dan pentingnya tema yang diusung dalam pengembangan industri peternakan kambing-domba di Indonesia.

Penyampaian materi kuliah di moderatori oleh Dr. Aeni Nurlatifah, S.Pt., M.Si. dengan sesi pertama dimulai materi dari Ir. Panjono, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM, ASEAN Eng, dari Laboratorium Ternak Potong, Kerja dan Kesayangan, yang membahas tentang manajemen pemeliharaan kambing-domba potong. Ia memaparkan berbagai teknik dan strategi untuk meningkatkan produktivitas ternak melalui metode pemeliharaan yang efektif dan efisien.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Ir. Cuk Tri Noviandi, S.Pt., M. Anim. St., Ph.D., IPM., ASEAN Eng, dari Laboratorium Teknologi Makanan Ternak yang memberikan penjelasan mendalam mengenai manajemen pakan dan nutrisi kambing-domba potong. Dalam paparannya, ia menguraikan pentingnya pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan komponen utama seperti karbohidrat, serat, dan protein, serta cara menghitung komposisi pakan yang ekonomis namun tetap memenuhi kebutuhan ternak.

Sesi terakhir disampaikan oleh Prof. Ir. Nanung Agus Fitriyanto, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPM, dari Laboratorium Teknologi Hasil Ikutan dan Lingkungan yang menjelaskan manajemen pengolahan limbah kambing-domba potong. Ia memberikan solusi praktis dalam pengolahan limbah ternak, termasuk proses fermentasi kotoran untuk menghasilkan pupuk organik cair yang dapat memberikan nilai tambah bagi peternak.

Acara berlanjut dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pada sesi ini, para peserta, terutama peternak, aktif mengajukan berbagai pertanyaan mengenai permasalahan yang mereka hadapi di lapangan, mulai dari masalah pakan hingga strategi pengelolaan limbah. Para pembicara dengan antusias memberikan jawaban dan solusi praktis berdasarkan pengalaman dan riset terkini.

Kuliah Gratis ini menjadi wujud komitmen Fakultas Peternakan UGM dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan, serta mendukung kesejahteraan peternak di Indonesia melalui edukasi yang aplikatif.

 

Sumber: Panitia Kuliah Gratis

Foto: Margiyono

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.