Ratusan Peserta Ikuti Kuliah Gratis Bagimu Petani Kami Mengabdi

Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar kuliah gratis sebagai bagian dari rangkaian Lustrum XI dengan tema “Bagimu Petani Kami Mengabdi.” Acara ini terbuka untuk petani, peternak, dan masyarakat umum, dan memberikan kesempatan belajar langsung dari para ahli tentang cara sukses beternak ayam kampung. Kuliah ini merupakan sesi terakhir dari tiga rangkaian kuliah yang diselenggarakan, danĀ  berlangsung pada Jumat, 27 September 2024, dari pukul 13:00 hingga 15:00 WIB di Ruang Auditorium Drh. R. Soepardjo, Fakultas Peternakan UGM.

Kuliah ini menghadirkan Dr. Ir. Heru Sasongko, MP., dari Laboratorium Ilmu Ternak Unggas yang membahas mengenai manajemen pemeliharaan ayam kampung. Selain itu, Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., MP., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., dari Laboratorium Ilmu Makanan Ternak yang memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen pakan dan nutrisi ayam kampung, sementara Dr. Ir. Suci Paramitasari Syahlani, MM., IPM., dari Laboratorium Agrobisnis Peternakan memaparkan tentang perilaku konsumen dan teknik komunikasi pemasaran produk pangan ayam kampung. Acara ini dipandu oleh moderator Mifta Pratiwi Rachman, S.Pt., M. Biotech., Ph.D., dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama, Prof. Ir. Yuny Erwanto, S.Pt., MP., Ph.D., IPM. Peserta kuliah dibatasi hanya untuk 200 orang dan pendaftaran dilakukan secara online.

Pada minggu sebelumnya, tepatnya pada Jumat, 20 September 2024, telah dilaksanakan kuliah gratis dengan tema “Sukses Beternak Kambing Perah” yang juga bagian dari rangkaian Lustrum XI. Dalam kuliah tersebut, Ir. Rochijan, S.Pt., M.Sc., IPM., bertindak sebagai moderator dengan pembicara Prof. Ir. Yustina Yuni Suranindyah, MS., Ph.D., IPM., yang membahas manajemen pemeliharaan ternak laktasi, Prof. Ir. Diah Tri Widiyawati, MP., Ph.D., IPM., yang menyampaikan materi manajemen reproduksi kambing perah, dan Prof. Dr. Ir. Nurliyani, MS., IPM., yang menguraikan tentang manajemen pengolahan susu pasca panen.

Dengan adanya rangkaian kuliah gratis ini, Fakultas Peternakan UGM berharap dapat berkontribusi langsung kepada para petani dan peternak, membantu meningkatkan produktivitas, dan memberikan dukungan untuk kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan peternakan yang lebih baik.

Sumber: Panitia Kuliah Gratis

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.